Sabtu, 04 Agustus 2012

Sytax Dasar Actionscript 2.0

Syntax adalah pola penulisan bahasa pemrograman. Dalam actionscript terdapat aturan-aturan dalam menuliskan kode, misalnya aturan melakukan method pada objek, membuat statement, dll.
Statement adalah pernyataan, mendeklarasikan variable, mensetting variable, mengatur property, method, event adalah sebuah statement.

Dot Syntax

Dot Syntax adalah syntax yang sangat sering digunakan. Dot Syntax dapat digunakan untuk mengakses property, method, ataupun event yang ada di dalam objek.
Contoh :
  1. lingkaran_mc._width = 100;
  2. lingkaran_mc.gotoAndPlay(10);
  3. lingkaran_mc.onClick = lingkaran_enterframe;
dalam contoh no.1 di atas lingkaran_mc bertindak sebagai objek (no.2 dan no.3 lingkaran_mc juga bertindak sebagai objek). untuk no.1 _width adalah property yang dimiliki objek lingkaran yaitu lebar. No.1 menjelaskan bahwa kita mengatur lebar(_width) lingkaran dengan nilai 100.
dalam contoh no.2 diatas kita melakukan perintah pada objek lingkaran_mc untuk memerintah penunjuk frame agar menuju frame 10. gotoAndPlay adalah method objek movie_clip untuk mengatur frame yang sedang aktif. gotoAndPlay adalah method lingkaran_mc yang diakses dengan dot syntax.
pada Contoh no.3 lingkaran_mc adalah objek sedangkan onClick adalah event, dan lingkaran_enterframe adalah function(mudahnya, function adalah kumpulan perintah-perintah yang diberi nama, akan dipelajari di lain artikel) yang akan diakses bila objek lingkaran_mc di klik(onClick). onClick akan mendeteksi apakah ada klik yang terjadi di objek yang bersangkutan.
titik koma ";" adalah syntax untuk menutup statement. Sebaiknya jadikanlah 1 baris dengan 1 statement.
Syntax Tanda Kurung "()"

tanda kurung dapat digunakan untuk operasi penghitungan. Contohnya :
dalam flash, 3 + 3 * 4 berbeda dengan (3 + 3)*4. Kurung diutamakan seperti perhitungan matematika pada umumnya. dalam flash 3+3*4 berarti 3+12 = 15 akan tetapi bila (3+3)*4 adalah 9*4 = 36. Berbeda.
tanda kurung dapat digunakan untuk menyertakan argumen pada method ataupun function. Contohnya :
trace("Jauhar Arifin"); berarti kita mengirimkan argumen bertipe string ke method trace(trace : untuk menampilkan pesan ke output). Maka di output window akan keluar tulisan "Jauhar Arifin".

Kurung Kurawal "{" dan "}"


Digunakan untuk membuat blok action, function, atau class. Contohnya dalam function :
function hitung(){ → pendeklarasian function dengan nama hitung. kurung kurawal sebagai pembuka awal blok action.

var hasil = bil1+bil2; → statement yang masuk dalam blok action function hitung
trace(hasil); → statement yang masuk dalam blok action function hitung
} → kurung kurawal untuk menutup blok action

Comments

Comment pada flash adalah barisan kode yang tidak dieksekusi oleh program (dihiraukan oleh program). Tujuannya untuk mempermudah pengelompokan kode. Misalnya kita memberi baris comment untuk menjelaskan suatu kode. Syntax comment :
Untuk 1 baris comment :

//comments, tidak akan dieksekusi
//var i:Number = 0;

maka tulisan diatas tidak akan diterjemahkan oleh flash
Untuk 1 baris atau lebih :

/* ini adalah komentar
tidak akan dieksekusi*/
/*trace("jauhar");
trace("arifin");*/

maka tulisan diatas tidak akan diterjemahkan oleh flash

1 komentar:

  1. Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget,

    Ingin bisa desain grafis? Tapi bingung minta bantuan siapa? Belajar sendiri aja yuk.. kita lihat tutorialnya di
    tutorial-tutorial gratis

    BalasHapus