Sabtu, 04 Agustus 2012

Pendahuluan Actionscript 2.0

Actionscript adalah bahasa dalam flash yang digunakan untuk mengontol objek-objek flash berinteraksi dengan web, dll. Dengan actionscript ini kita dapat membuat sebuah aplikasi dari flash yang interaktif, bahkan kita dapat menciptakan game dengan actionscript. Di artikel ini akan dijelaskan syntax dan dasar dari actionscript 2.0, karena mudah untuk dipahami. Action Script Panel : tempat kita meletakkan kode-kode actionscript, bukalah actionscript panel dengan membuka menu Windows>Actions atau dengan menekan F9 :

  

bagian kiri menunjukkan beberapa tipe data, mothod, property dll. sedangkan disebelah kanan adalah tempat kita meletakkan kode actionscript kita. Variable variable merupakan kompenen dalam flash untuk menyimpan data. Syntax untuk membuat variable : var [nama_variable]:[tipe_variable] = [nilai_variable]; contoh : var jumlah:Number = 10; Dari contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa kita mendeklarasikan variable dengan nama "jumlah" dengan tipe "Number" yang berisi nilai 10. Aturan pembuatan variable :
  • nama variable tidak boleh diawali dengan angka, tetapi boleh diikuti dengan angka. Contoh : var 32bit:Number = 32; << variable yang tidak valid. var bit32:Number = 32; << variable yang valid.
  • nama variable tidak boleh sama dengan nama-nama yang sudah dipakai flash :
    as break case catch
    class const continue default
    delete do else extends
    false finally for function
    if implements import in
    intanceof interface internal is
    native new null package
    private protected public return
    super switch this throw
    to true try typeof
    use var void while
    with
  • penamaan variable case-sensitive, artinya variable membedakan huruf besar dan kecil (sejak flash player 7). Variable aAa berbeda dengan variable aaa.
Saya mengasumsikan bahwa actionscript adalah bahasa yang berbasis objek. maksudnya objek-objek yang ada di stage memiliki property, method, dan event. Property, saya mengatakan disini property adalah suatu keterangan sifat yang dimiliki suatu objek. Misalnya objek lingkaran memiliki property : width, height, x, y, dll. Method, aksi yang dapat dilakukan objek. Misalnya objek movie_clip memiliki method gotoAndPlay(), gotoAndStop(), play(), dll. Event, kejadian pada suatu objek. Misalnya untuk objek movie_clip terdapat event : onDrag, onClick, onRollOver, dll. Tipe Data Tipe data yang akan kita pelajari untuk dasar actionscript 2.0 adalah String, Number, dan Boolean. String merupakan tipe data berupa karakter seperti huruf dan nomer. Penulisan string harus dawali dan diakhiri dengan tanda kutip """. Contohnya : "Jauhar Arifin" merupakan String sedangkan Jauhar Arifin bukan merupakan String. String dapat digabung dengan operator +. Selebihnya tentang operator akan dibahas di lain artikel. Number, tipe data ini dapat berupa bilangan bulat(integer) atau bilangan pecahan(float). Interaksi dengan number dapat menggunakan berbagai operator 

+ untuk menambah 2 bilangan
- untuk mengurangi 2 bilangan
* untuk mengalikan 2 bilangan
/ untuk membagi 2 bilangan
% untuk mencari hasil sisa bagi 2 bilangan
++ menambahkan bilangan dengan 1
-- mengurangi bilangan dengan 1

Boolean, tipe data yang memiliki nilai true or false. yang dapat digunakan dalam struktur kondisi. Boolean hanya media variable untuk memuat logika ya atau tidak, true or false. Constant / Konstanta Hampir sama seperti variable, hanya saja konstanta nilainya tetap dan tidak dapat diubah. Syntax pendeklarasian konstanta : const [nama_konstanta]:[tipe_data] = [nilai_konstanta]; Konstanta biasanya digunakan untuk membuat variable yang nilainya mutlak seperti gravitasi, jumlah hari, jumlah bulan, dll.

1 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya bermanfaat banget,

    Mau belajar microsoft office , desain grafis , dan programming? yuk lihat tutorialnya di tutorial-tutorial gratis

    BalasHapus