Sabtu, 04 Agustus 2012

Timeline

timeline terdiri dari layer dan frame
Timeline terdiri dari komponen layer-layer dan frame. Layer merupakan lapisan dan frame merupakan tempat pewaktuan. Layer adalah lapisan-lapisan yang tidak mempengaruhi satu dengan yang lainnya, dalam saat bekerja objek di layer 1 dengan layer yang lain tidak berhubungan, dan kita mengaturnya sendiri-sendiri. Sedangkan frame adalah tempat menaruh objek objek kita dalam suatu waktu. Frame akan menampilkan objek yang kita buat pada waktu tertentu, misalnya kita membuat objek di frame 10, maka ketika program sampai di frame ke-10, maka objek yang kita nuat tadi baru terlihat. Frame juga menempatkan action script, action script yang kita buat akan dijalankan ketika program penunjuk waktu sampai ke frame tempat kita menaruh kode action script kita tersebut.
Layer
Objek yang dimasukkan kedalam stage, akan menjadi objek layer yang sedang aktif (terpilih) pada saat itu. Anda dapat mengubah nama layer dengan mengklik 2 kali gambar kertas terlipat disamping nama layer anda. Maka akan terbuka jendela properties :

Name digunakan untuk mengubah nama layer, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah mengenali fungsi layer. Misalnya kita namakan suatu layer "action script", mengartikan kita menaruh kode kode action script disini. Misalkan kita namakan layer dengan nama "pemain", mengartikan bahwa layer ini digunakan untuk menaruh objek-objek pemain.
Show dan Lock. Show digunakan untuk menampilkan objek-objek yang ada dalam layer itu di stage, apabila checkbox show kita nonaktifkan, maka objek-objek yang ada di layer itu akan invisible di stage. Sedangkan untuk lock, digunakan untuk mengunci layer. Maksudnya objek-objek yang ada di layer yang kita kunci tetap terlihat di stage akan tetapi kita tidak dapat melakukan aksi kepada objek itu. Kita tidak dapat memindahkan, memperbesar, mewarnai, atau memberi aksi lainnya kepada objek-objek di layer yang terkunci.
Tipe Layer. Terdapat beberapa tipe layer yaitu :
  • Normal : tipe layer yang umum dalam flash.
  • Guide : layer yang digunakan untuk pergerakan jalur animasi. Akan dijelaskan di lain artikel.
  • Guided : objek yang akan dianimasikan dengan guide layer. Akan dijelaskan di lain artikel.
  • Mask : Digunakan untuk melakukan masking terhadap layer yang ada dibawahnya. Akan dijelaskan di lain artikel.
  • Masked : Layer yang objeknya dipengaruhi oleh layer mask. Akan dijelaskan di lain artikel.
  • Folder : digunakan untuk membuat folder layer, untuk mengelompokkan beberapa layer. Biasanya digunakan untuk programmer dengan kerja yang menggunakan banyak layer
Outline color, kita bisa menentukan warna outline layer. Maksudnya, jika kita menandai checkbox view layer as outline, maka objek yang ada di layer tersebut hanya akan terlihat bagian stroke-nya saja. Warna stroke-nya pun mengikuti warna yang kita tentukan. Layer height, hanya opsi untuk menentukan tinggi layer di timeline. Tidak berpengaruh dalam kerja. timeline, pendahuluan flash, tutorial flash, flash dasar, flash pemula, pengenalan flash, animasi flash, tutorial animasi flash, flash game, flash multimedia, dasar flash animasi, dasar flash animasi tutorial

0 komentar:

Posting Komentar